Friday, December 25, 2015




Memasang Background GRUB

Standar

grubada yang tahu nggak GRUB itu apa..?? sama saya juga nggak tau itu barang apa.. yang jelas itu digunakan untuk memilih sistem operasi apa yang akan kita gunakan untuk proses booting atau istilahnya itu bootloader linux.. bahasa pasarnya tu seperti itu.. klau bahasa anak sekolahan :
Grub merupakan salah satu jenis Boot Loader yang paling umum digunakan oleh Distro-Distro Linux saat ini. Boot Loader atau biasa disebut juga Boot Manager adalah sebuah program kecil yang ditempatkan oleh sistem operasi (OS) pada sebuah komputer ke memori. Ketika komputer dinyalakan (powered-up) atau restart, dasar input / output system (BIOS) melakukan beberapa tes awal, dan kemudian transfer kontrol ke Master Boot Record (MBR) di mana boot loader berada sehingga System Operasi bisa “booting”. Tanpa Boot Loader, maka Sistem Operasi tidak bisa digunakan. Maka dari itu, baik Windows, Mac OS dan juga Linux, masing-masing memiliki Boot Loader yang tentunya antara OS yang satu dan yang lain memiliki perbedaan system boot loader. GRUB adalah akronim dari Grand Unified Bootloader.
dan tutorial kali ini akan membeberkan bagaimana memasang background pada GRUB.. soalnya lama-lama BT banget melihat GRUB yang hitam pekat.. jadi bagaimana kalau kita memperindah sehingga demikian cantik jadinya.. hehehehe..

Pertama siapkan dulu gambar yang akan dijadikan background, bisa ekstensi .jpg, .png, ataupun .gif (width =1024 height = 768). Ingat : ukuran tidak harus sama. Disini saya menggunakan gambar isty.jpg (heheehe.. maaf mba, pinjam gambar’y… ia coz ni diujicoba di laptop-na.. hehehe)
Masuklah ke root anda dengan cara tekan tombol keyboard Alt + F2 (atau buka terminal) kemudian ketik gksu nautilus Klik file system dan masuk direktori /boot/grub/ dan copykan file isty.jpg ke directory ini. Selanjutnya buka terminal dan ketik perintah sudo gedit /etc/grub.d/05_debian_theme.
Carilah baris seperti ini : WALLPAPER=”/usr/share/images/desktop-base/moreblue-orbit-grub.png“.
Ganti moreblue-orbit-grub.png dengan isty.jpg lalu klik Save.
Kemudian ketikkan perintah sudo update-grub diterminal yang berfungsi untuk mengupdate grub anda.
Setelah selesai ketik sudo reboot untuk restart laptop atau computer anda, dan rasakan hasilnya.

Gimana ?? upss belum direstart ya… ya sudah.. selamat merestart dan
see you.. eh btw adiknya mba isty cantik dan manis juga baik banget lagi.. ada yg mau kenalan..?? (hallaaah..) hahaha.. bye..


EmoticonEmoticon